SELAMAAAAAT!!! anda memasuki kawasan blog sotta

Thursday, May 3, 2012

tulang rusuk dan pemiliknya tidak akan tertukar


 "san, percaya ki kalau tulang rusuk dan pemiliknya tidak akan pernah tertukar ?"
"katanya guruku dulu toh, katanya waktu pembagian tulang rusuk, itu tulang rusuk dilempar ki. jadi terpotong" ki. makanya ada yang nikah lagi. tapi sama tulang rusuknya ji bede itu." tambah salah seorang teman"
----....----


TULANG RUSUK ?
sebuah pertanyaan yang menjamu kami disela penantian menunggu jam kuliah selanjutnya. suatu pertanyaan sederhana yang akhirnya menyelinap masuk dalam otak dan menyita perhatianku. sehingga lepas kuliah, saya bergegas mencari makna dan hadist mengenai tulang rusuk tersebut.

dalam ilmu biologi yang saya pelajari, Tulang-tulang dalam tubuh membentuk sistem rangka. Rangka manusia terdiri dari 206 tulang. Sistem rangka ini bersama-sama menyusun kerangka tubuh. salah satu yang menyusun sistem rangja adalah tulang rusuk. tulang rusuk memiliki andil sebagai pelindung organ-organ tubuh penting yang berada di dada, seperti jantung dan paru-paru. setiap manusia memiliki tulang rusuk yang berjumlah sama, baik adam dan hawa yaitu 12.

"lalu tulang rusuk yang mana kepunyaan adam yang kaum hawa pinjam ?"


oke, mari kita tengok hadist shahih berikut:
Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.“(HR. Al-Bukhori no 3331 danMuslim no. 3632
kebanyak dari kita belum mengerti maksud dari kalimat "wanita diciptakan dari tulang rusuk pria" walaupun sebenarnya kalimat tersebut sudah familiar dikuping kita. mari kita kaitkan dengan firman Allah dalam surah An-Nisa ayat 1 yang berbunyi:
Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.  Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan.  Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.“ (An-Nisa’:1)
jika kita kaitkan antara dalil tersebut dengan hadist di atas, maka kita akan dapat jawaban dari pertanyaan yang menggantung dalam labirin kita. bahwasanya manusia diciptakan berpasang-pasangan. adapun masalah wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki hanya sebuah perumpamaan. 

Rasulullah SAW menggambarkan melalui hadist di atas bahwasanya wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok yang artinya wanita memiliki kekurangan sehingga diharapkan laki-laki tidak memaksakan wanita untuk sempurna. dijelaskan pula bahwa "...jika ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya ..." maksudnya dalam menjalin hubungan hendaknya satu sama lain saling menerima kekurangan masing-masing. karna bila saling memaksakan kesempurnaaan, maka hubungan tersebut akan kandas ambang perpisahan.

kenapa Rasulullah mengatakan wanita diciptakan dari tulang rusuk, kenapa bukan tulang kepala ?
“Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (Qs. An-Najm:4)
disinilah pengharapan Rasulullah. beliau berharap setiap laki-laki menjaga dan mengindahkan wanita. lalu muncul lagi pertanyaan mengapa wanita tidak dikatakan diciptakan dari kepala laki-laki ? karena wanita tidak mampu mengungguli kodrat laki-laki sebagai pemimpin. kenapa tidak dari kaki laki-laki ? karena wanita tidak untuk direndahkan oleh laki-laki. kenapa harus tulang rusuk ? karena wanita memang untuk dijadikan pasangan laki-laki, menjadi pendamping laki-laki, menjadi kesenangan laki-laki, memperkuat dada laki-laki dan sekaligus menjadi penyeimbang hidup laki-laki.

masalah penciptaan manusia, sudah jelas tergambar dalam surat Al- Mu'minun ayat 14 yang berbunyi:
Kemudian, air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.“(Al-Mu’minun:14)

sehingga dapat disimpulkan bahwa wanita dan laki-laki diciptakan dari air mani. namun wanita tercipta sebagai makhluk yang lemah, tulang rusuk yang mudah patah sehingga laki-laki diharapkan mampu menjaga wanita sebaik-baiknya. Wallahu a'lam bish shawabi


*maff jika ada kesalahan penafsiran. segala kekurangan datangnya dari diri pribadi penulis dan kebenaran datangnya dari Allah SWT.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment