SELAMAAAAAT!!! anda memasuki kawasan blog sotta

Thursday, November 3, 2011

what's wrong with "praktikum" ??

ada apa dengan kata "PRAKTIKUM" ??

mampus deh, praktikum .... saya kurus gara- gara praktikum ... OMG praktikum menyerang ...
ahh puyeng kepala saya mendengar banyak keluhan dari kiri kanan masalah praktikum. apa sih yang salah dengan kata praktikum sehingga hampir semua praktikan memblokade, menyumpai kata tersebut. kasihan sekali si praktikum, tidak punya salah kok dibenci.

kemarin, asistensi biologi dan fisika. pada kesempatan tersebut, aturan- aturan untuk praktikan di proklamirkan, pembagian kelompok dan golongan tak luput juga mengisi kegiatan tersebut. 

awal masuk di ruangan asistensi, hampir semua praktikan merasa gimana gitu yaah. pokoknya memang ada aura "WAWW MAMPUS" deh. tp lambat laun, seiring dengan jalannya kegiatan tersebut dengan mendengarkan aturan- aturan dan cara penulisan serta tata cara praktikum ... semakin memantapkan dan membesarkan kata WAWW tersebut di ruang kepala kami. dan saat itu (Asistensi biologi) baru saya merasakan, ooh ini toh yang dibilang penyiksaan. 

sebenarnya tidak ada masalah dengan praktikum, toh tata cara praktikumnya juga sama seperti di SMA. ada respon atau tanya jawab masalah yang mau dipraktekkan dan ada tugas- tugas atau resume atau rangkuman masalah yang ingin dipraktekkan itu. jadi di mana kesalahan praktikum ??

nah, ternyata ... bukan masalah di praktikumnya, yang jadi masalah adalah di saat penulisan laporan praktikum. itu yang jadi pokok dan sumber masalah. aturan- aturan penulisan laporan agak dibuat lebih memerlukan ekstra tenaga, ekstra serius dan ekstra perhatian, sehingga praktikan dibuat lebih mandiri, lebih bisa serius dan bisa bekerja. ini dia beberapa aturan- aturan penulisan laporan untuk praktikum bio

1. laporan praktikum menggunakan metik (mesin tik ) ---> telunjuk jadi rempong nih
2. menggunakan space 2,0 ---> bagaimana caranya kalau pakai metik ??
3. min. 2 stipx dlm praktikum --> jadi kalau salah, ulang lagi
4. laporan praktikum dikerja sendiri dengan menggunakan referensi buku univ dan umum, tidak boleh menggunakan buku SMA

gila kan ? nah memang gila, gila menuju impian dan cita- cita itu bukan sesuatu yang salah dan sesuatu yang merugikan. pengalaman ini akan kucetak dengan sebaik- baiknya kemampuan saya. demi impian, demi keluarga dan demi kalimat 'beliau' yang membuat saya termotivasi dan mengangkat nyali saya. 

SEMANGAT !!

No comments:

Post a Comment