SELAMAAAAAT!!! anda memasuki kawasan blog sotta

Wednesday, October 26, 2011

Mencontek


Mencontek merupakan suatu aktivitas spekulasi yang tinggi dan suatu bentuk sikap ingin mendapatkan hasil instan. Segala sistem dan taktik pencontekan sudah dikenal pelajar. Sistem suap agar mendapat nilai baik, juga membayar guru agar membocorkan soal ulangan, sudah menjadi praktik biasa dalam dunia pendidikan.
Mencontek dapat dikatagorikan dalam dua bagian yaitu mencontek dengan usaha sendiri dan mencontek dengan kerjasama. Usaha sendiri disini adalah dengan membuat catatan sendiri, buka buku atau dengan alat bantu lain seperti membuat coretan-coretan di kertas kecil, rumus di tangan, di kerah baju, bisa juga dengan mencuri jawaban teman. Sedangkan mencontek dengan kerjasama dilakukan dengan cara membuat kesepakatan terlebih dahulu dan membuat kode-kode tertentu atau meminta jawaban kepada teman.
Jika dilakukan survei terhadap jumlah pelajar yang mencontek, maka hasil yang akan diperoleh ialah sebagian besar (70%-90%) pelajar di Indonesia pernah mencontek. Maka dari itulah tidak salah jika dikatakan mencontek merupakan kebudayaan di kalangan pelajar.
Salah satu alasan mencontek adalah ingin mendapatkan nilai yang tinggi. Sebagaimana yang diketahui orintasi belajar di sekolah hanya untuk mendapatkan nilai tinggi dan lulus ujian. Guru lebih banyak menilai dari segi kemampuan kognitif dibanding kemampuan afektif dan psikomotor. Inilah yang membuat pelajar mengambil jalan pintas. Sehingga dapat dikatakan bahwa, mencontek bukan kesalahan pelajar sepenuhnya melainkan ada peranan guru yang “memaksa” siswa melakukan hal tersebut.
Sejauh ini belum ada hukuman yang membuat jerah kaum pelajar untuk tidak lagi mencontek. Sehingga pelajar merasa kebal dan terbiasa dengan tradisi tersebut. Bahkan sebagian pelajar mengatakan bahwa mencontek merupakan salah satu bentuk gotong- royong.
Jika tidak ada penanggulangan atau hukuman yang dibuat untuk membuat pelajar jerah, maka akan terbentuk jiwa- jiwa penipu pada generasi penerus bangsa.

ini tugas kesekian yang kudu d kumpul besok. kalau ada yang mau menanggapi plus plus mau mengoreksi plus plus mau menambahkan pendapat, mari di komentari :D

No comments:

Post a Comment